Rabu, 10 Oktober 2012

Sejak  Red Velvet Cakes jadi trend di Jakarta, penasaran juga jadinya icip2 kue yang warnanya WOW bikin mata ga berkedip itu. Sempet ragu juga mau nyobain karena yg terlintas dikepala berapa banyak pewarna yg harus diteteskan dalam adonan red velvet (yang artinya berapa banyak lagi bahan kimia yg akan meracuni tubuh ini, oh no.. ). Tapi sejak dapet kiriman red velvet slice from harvest, " jiwa bakery" kembali hadir soalnya rasanya enak banget dan ga kerasa bahan pewarnanya. Mulai d hunting resep online dan baru tau kalau warna merahnya berasal dari si buah bit kegemarannya Selly waktu hamil dulu..^_*. Ini dia resepnya (walaupun bukan original recipe yg katanya melibatkan red wine alias alkohol): 
 

Bahan-bahan red velvet cake

500 gr butter
500 gr gula pasir
6 butir telur
625 gr Tepung terigu (protein rendah)
5 gr baking powder
10 ml garam
4 sdm pewarna makanan (red cherry)
250 ml fresh cream
300 gr coklat putih
200 gr buah bit


Cara membuat red velvet cake
  1. Kocok butter dan gula pasir sampai tercampur rata, lalu masukkan telur sedikit-sedikit.
  2. Setelah mengembang dan lembut, turunkan kecepatan mixer lalu masukkan tepung terigu, baking powder dan garam. Aduk perlahan-lahan sambil masukkan buah bit yang telah diblender. Aduk perlahan dan campurkan fresh cream dan cokelat putih yang sudah dicairkan, beri sedikit pewarna.
  3. Lalu masukkan ke dalam cetakan cup cake 3/4 atau cake ring ukuran 20.
  4. Oven dengan suhu 185 derajat Celcius selama kurang lebih 20-35 menit. Untuk whole cake selama kurang lebih 50-60 menit. Setelah matang didinginkan.
Ada beberapa jenis frosting yang bisa dikombinasikan dengan Resep Red Velvet Cake ini.
Frosting 1
180 gr Cream Cheese
5 gr Butter
50 gr Icing sugar

Frosting 2
200 gr Fresh cream
200 gr Cokelat putih
50 gr buah bit
6 ml pewarna makanan
5 gr Gelatine powder


Tentu saja ada banyak Resep Red Velvet Cake yang beredar karena variasinya yang bermacam-macam. Kalau ada yang memang suka bikin kue, silahkan d coba resep red velvet cake ini dan share hasilnya!
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar